Kamis, 30 Januari 2014

Share Cerita Sebentar di Sela Pra UN 2014


Assalamualaikum. Haloo selamat pagi pak Budhi, saya mau retell pengalaman bersama pak Budhi, brian dan vania di UNDIP Fakultas Kelautan dan Perikanan awal bulan maret lalu.  Hari itu dimulai dengan ketidak disiplinan yang kami lakukan yaitu perjanjian datang sebelum jam 6 pagi tapi nyatanya kami lebih dari itu. Ok langsung saja ke inti ceritanya, pada saat saya sampai disana saya agak “wagu” bayangin kumpul sama mahasiswa sedangkan saya masih kelas 2 sma. Namun setelah saya mengamati sebentar ternyata fikiran yang ada dibenak saya itu hilang, saya berfikiran bahwa ‘sayakan disini untuk mencari pengalaman dan merasakan atmosfer dengan para kakak-kakak terus ngapain juga saya wagu, all is well hehehehehe’. Kemudian sekitar jam 8 lebih 15 menit acarapun dimulai, acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UNDIP. Ini ada sesuatu aneh yang saya lakukan ketika menyayikan Mars UNDIP sayakan gak hafal nah saya pura-pura aja tuh sok-sok nyanyi ahahahahahahaha. Setelah acar pembuka selesai dilanjutkan dengan acara utamanya Mula-mula pak Budhi memulai dengan materi yang kalau boleh saya sebut adalah “Brain Washing” Saya punya beberapa point mengenai hal ini, yang pertama prestasi yang bias bertahan lama adalah prestasi yang dicapai dengan akselerasi bukan instan. Yang kedua, Dalam melakukan penelitian harus didasarkan dari hati bukan nafsu. Yangketiga adalah dalam melakukan penelitian haruslah ada tahapannya seperti inspiration, synthesis, concepting, evaluation, realization. Selanjutnya disana diadakan games yang baru pertama kali saya ikuti, game dibagi dalam kalau gak salah 5 tim yang setiap tim harus membuat menara setinggi dan sekokoh mungkin dengan sedotan yang nantinya akan dihitung  pointnya. Ketika game mau dimulai saya masih malu-malu berinteraksi dengan tim saya namun saya ingat statemen saya diawal dan akhirnya saya berani juga berinteraksi hehehehehehe. Ketika game ini dimulai saya belum sadar apa sebetulnya tujuan dari game ini namu setelah game ini selesai saya baru sadar bahwa mungkin tujuan dari game ini adalah bagaimana kita harus dapat berinteraksi dan bersosial dengan orang-orang baru dalam waktu yang sangat singkat dan digame ini juga dilatih peranan pemimpin dan kekompakan tim dalam waktu yang sangat singkat. Setelah game itu selesai dilanjutkan dengan pembuatan tema, judul serta konsepting karya ilmiah. Pada sesi ini menurut saya kita dilatih untuk kompak serta menyesuaikan diri dengan orang lain dalam waktu singkat untuk menghasilkan suatu karya. Menurut saya yang penting di sesi ini adalah keputusan oleh setiap tim.
Setelah acara selesai dilanjutkan makan siang dan ‘share’ dengan temen-temen disana. Oh ya, disana juga saya dapat statemen yang saya ingat sampai sekarang oleh kakak yang dulu pernah juga jadi juara ispo yang membuat system pendeteksi kebocoran gas elpigi. Tapi saya lupa namanya hehehehehehe statemennya kurang lebih begini ‘Kamu nanti jangan sampai lupa dengan latar belakang kamu ketika kamu juara, bersikaplah biasa saja. Banyak orang karya ilmiah lupa akan latar belakangnya padahal dia telah belajar membuat latar belakang pada makalah penelitiannya’. Setelah selesai semua kami pulang kekudus sekitar hamper jam 4. Ketika kami sampai di kudus, pak Budhi mengajak kami makan sate dulu bersama brian (terima kasih pak hehehehehe). Setelah itu kami pulang dan saya sampai rumah sekitar maghriban. Pengalaman ini tidak akan saya lupakan, GREATES EXPERIENCE. Thanks to PAK BUDHI. Wassalamualaikum

Translator

Your Donation

Donasi untuk blog ini yang akan digunakan untuk pengembangan jaringan.

Subscribe

Jika anda ingin berlangganan artikel dari blog ini (100% Gratis), silahkan masukkan alamat email anda:

Copyright